4 Dampak Yang Muncul Jika Mengkonsumsi Pil KB - Seputar Dunia Kesehatan

Dampak Yang Muncul Jika Mengkonsumsi Pil KB

Dampak Yang Muncul Jika Mengkonsumsi Pil KB - Alat kontrasepsi memiliki beragam varian, di antaranya yaitu alat kontrasepsi hormonal dan seperti pil. Salah satu alat kontrasepsi yang banyak dipilih oleh kaum wanita adalah pil KB. Alasannya yaitu karena tidak sulit diterapkan dan cukup efektif mencegah kehamilan. Namun ada unsur risiko yang juga perlu Anda pertimbangkan jika Anda termasuk yang menggunakannya.

Pil KB dapat mencegah 99 persen kehamilan jika dikomsumsi dengan tepat. Artinya dari 1000 wanita yang mengkonsumsi pil KB sebagai metode kontrasepsi, kurang dari sepuluh orang yang mengalami kegagalan berupa kehamilan. Melainkan di balik efektivitas pil KB tersebut, adakah risiko bagi penggunanya?
Dampak Yang Muncul Jika Mengkonsumsi Pil KB
Pil Kb
Pil KB mencegah kehamilan melalui kandungan hormon estrogen dan progestin, dengan menghalangi indung telur berovulasi atau melepaskan sel telur. Selain itu, pil juga akan membuat sperma kesulitan mencapai sel telur atau menghambat sel telur melekat pada lapisan rahim.
Ilmuwan bernama Sanna Heikkinen seorang peneliti dari University of Helsinki dan Finnish Cancer Registry menyebutkan bahwa ada peran dari kontrasepsi hormonal terhadap munculnya risiko kanker payudara.

Pada penelitian yang melibatkan 8 ribu pasien kanker payudara serta 20 ribu pasien kontrol di Finlandia, menemukan fakta bahwa pengguna kontrasepsi hormonal dikaitkan dengan adanya kenaikan risiko kanker payudara 32 persen lebih banyak dibanding pasien yang tidak menggunakan kontrasepsi tersebut.
Baca Juga: 5 Makanan Penyebab Kanker Berbahayakesehatan
Memang tidak hanya itu faktor pemicu munculnya kanker tersebut, karena ada sebagian faktor lain { misalnya umur serta gaya hidup wanita umur dewasa muda.

“Termasuk usia tua ketika melahirkan pertama kali, jumlah anak sedikit, alkohol, dan gaya hidup sedentary,” terang Heikkinen.

Melakukan mamografi oportunis sebelum usia yang dianjurkan, ialah  50 tahun, juga disebut sebagai salah satu pemicu.

“Seharusnya Wanita diberikan informasi yang lebih jelas sehubungan dengan bahaya dari mamografi oportunis,” tambah Heikkinen.

Untuk dapat meminimalisir risiko kanker tersebut, gaya hidup sehat senantiasa ditekankan pada kaum wanita. Memiliki juga konsultasi lebih dahulu kepada dokter untuk pemilihan tipe kontrasepsi yang paling aman bagi Anda.

Anda juga sebaiknya menghindari pil KB jika:
•    Memiliki riwayat penggumpalan darah.
•    Menderita serangan migrain yang parah
•    Memiliki gangguan empedu atau hati.
•    Memiliki kelainan jantung atau sakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi.
•    Mengidap diabetes dengan komplikasi atau terserang diabetes lebih dari 20 tahun.
•    Mengidap kanker payudara.

Konsultasikan  dengan dokter mengenai alternatif kontrasepsi paling sesuai berdasarkan riwayat kesehatan Anda dan pasangan, guna menekan efek samping dan risiko.

Itulah Ulasan Singkat mengenai Dampak Yang Muncul Jika Mengkonsumsi Pil KB. Semoga dapat bermanfaat bagi anda.

0 Response to "Dampak Yang Muncul Jika Mengkonsumsi Pil KB"